Wukuf Wahana Memperkokoh Jati Diri Bangsa
Menteri Agama RI, Suryadharma Ali/republika.co.id |
MAKKAH -- Amirul Haj Indonesia, Suryadharma Ali, mengatakan,
kemabruran seorang jamaah haji dapat dilihat dari dua dimensi: hablum
minallah dan hablum minannas.
‘’Dalam kontek hablum minallah, kemabruran seorang haji tercermin
dari meningkatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekembalinya
dari menjalankan ibadah haji,’’ ujar Suryadharma dalam sambutan pada
puncak wukuf di Padang Arafah, Kamis (25/10) siang WAS.
Sedangkan dalam kontek hablum minannas, tutur Amirul Haj, kemabruran
tercermin dari semakin meningkatnya kesalehan sosial. ‘’Kita semua
dapat meningkatkan amal nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh
masyarakat yang ada di sekitar kita, dengan demikian para jamaah haji
akan menjadi lentera dalam masyarakat.’’
Amirul Haj berharap setiap jemaah haji mampu memberikan keteladanan
dan pencerahan bagi 10 orang yang ada di sekitarnya. ‘’Maka setiap
tahun sebanyak 2 juta orang akan tercerahkan. Sehingga apa yang
digambarkan dalam Al-qur’an Baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur akan
cepat terwujud,’’ tutur Suryadharma.
Suryadharma mengajak semua jamaah haji untuk memanfaatkan momentum
dan waktu wukuf dengan memperbanyak dzikir, berdo’a dan bermunajat
kepada Allah SWT untuk kebaikan diri sendiri, keluarga dan bangsa
Indonesia tercinta.
‘’Dan marilah kita jadikan momentum Wukuf ini sebagai wahana untuk
memperkokoh jati diri bangsa, membangun akhlakul karimah, dan
meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,’’ paparnya.
Amirul Haj mendoakan agar prosesi ibadah haji yang dilakukan seluruh
jamaah haji dari Indonesia diterima oleh Allah SWT dengan memperoleh
haji yang mabrur dan maqbul, yang tiada balasan baginya kecuali surga.
Amirul Haj mengungkapkan pemerintah telah berupaya secara terus
menerus untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Namun, pihaknya
menyadari masih terdapat kekurangan dalam beberapa hal.
‘’Oleh karena itu kami mohon maaf kepada seluruh jamaah haji
Indonesia atas kekurangan dalam pelayanan kami. Saya menyambut baik
setiap masukan dan saran guna perbaikan dan penyempurnaan pelayanan di
masa yang akan datang,’’ papar Suryadharma. [republika.com]
Tidak ada komentar
Posting Komentar